JMDN logo

Kemenag Berkomitmen Tingkatkan Layanan Jamaah Selama di Madinah

📍 Berita & Informasi
22 Juni 2025
3 views
Kemenag Berkomitmen Tingkatkan Layanan Jamaah Selama di Madinah

Madinah, Arab Saudi, 22/6 (ANTARA) - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI Hilman Latief menegaskan komitmen Kemenag selaku penyelenggara haji 2025 untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia, khususnya bagi gelombang kedua yang mulai berdatangan ke Madinah.


“Kita baru saja menerima jamaah dari kloter JKS dan BTH yang akan tinggal dalam satu hotel. Penempatan ini dilakukan untuk memastikan kemudahan koordinasi dan kenyamanan pelayanan. Beberapa kloter lain juga akan menempati hotel yang sama,” kata Hilman dalam kunjungannya ke hotel tempat jemaah menginap pada Sabtu.


Selain kesiapan akomodasi, Hilman menyampaikan layanan konsumsi untuk jamaah di Madinah juga telah disiapkan dengan baik. Makanan disesuaikan dengan cita rasa Nusantara dan disediakan oleh dapur katering bersertifikasi yang telah diawasi oleh tim pengendali mutu.


Menurutnya, salah satu keunggulan fase Madinah adalah lokasi penginapan jamaah yang umumnya berada dalam radius dekat dengan Masjid Nabawi, sehingga memudahkan mereka dalam menjalankan ibadah salat berjamaah dan ziarah.


 


“Hotel-hotel jamaah di Madinah rata-rata sangat dekat dengan Masjid Nabawi. Ini menjadi nilai tambah, khususnya bagi jamaah lansia dan berkebutuhan khusus, karena mereka tidak perlu menempuh jarak jauh untuk beribadah,” ungkap Hilman.


Dalam kesempatan tersebut Hilman juga meninjau langsung kondisi jamaah dan mendengarkan pengalaman mereka selama menjalani ibadah haji di Makkah. Ia mencatat adanya dinamika, seperti keterpisahan jamaah dalam satu Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), yang disebabkan oleh ketidaksamaan dalam waktu pelunasan dan pengajuan data.


Meski sempat berbeda maktab dan syarikah, para jamaah tersebut tetap dapat berkumpul dan menjalani rangkaian ibadah puncak haji dengan baik.


“Ini jadi pelajaran ke depan bahwa kekompakan sejak awal, mulai dari pelunasan sampai pengajuan data, sangat penting agar jamaah bisa tetap bersama dalam satu paket layanan,” jelasnya.


 


Menjelang fase kepulangan jamaah ke Tanah Air yang akan dimulai pada 26 Juni dari Bandara Madinah, Hilman mengingatkan seluruh petugas agar menjaga stamina dan ritme kerja.


“Mulai pekan depan, beban kerja akan meningkat. Kita masih menerima jamaah dari Makkah, sekaligus mempersiapkan kepulangan mereka ke Tanah Air. Ini pekerjaan yang kompleks dan padat, jadi saya minta petugas tetap menjaga energi dan fokus,” ujarnya.


Hilman juga menyampaikan harapan agar proses pemulangan dapat berlangsung lancar dan aman. “Ketenangan jamaah adalah prioritas kita. Kita harus pastikan seluruh proses berjalan baik hingga mereka tiba kembali ke kampung halaman masing-masing dengan selamat,” katanya. (ANTARA/Teguh Priyanto)

Berita Populer

Berita Populer